Selasa, 05 Juli 2016

berita bola: 5 Alasan Riedl Tepat Jadi Pelatih Timnas Indonesia

Diposting oleh Bola Liga
5 Alasan Riedl Tepat Jadi Pelatih Timnas Indonesia

5 Alasan Riedl Tepat Jadi Pelatih Timnas Indonesia menjadi update berita Sepak Bola Indonesia terkini dari Bolapro.org yang mencoba untuk menyajikan info terbaru seputar Bola Indonesia dan kali ini 5 Alasan Riedl Tepat Jadi Pelatih Timnas Indonesia menjadi ulasan yang akan kita bahas. Dapatkan Ragam berita bola Indonesia Uptodate hanya di Bolapro Memang untuk anda yang Pro Bola.

Pelatih Timnas Alfred Riedl memberikan keterangan terkait penunjukan pelatih timnas senior Indonesia di kantor PSSI Jakarta, Jumat (10/6). 

Alfred Riedl kembali dipercaya menangani tim nasional (Timnas) Indonesia. Pelatih asal Austria akan memimpin Tim Merah Putih menghadapi turnamen Piala AFF yang akan berlangsung akhir tahun ini.

Keputusan ini memang mengejutkan. Mengingat sebelumnya, nama pelatih asal Austria itu tak disebut-sebut sebagai calon. Bahkan, PSSI sempat melakukan tes terhadap tiga pelatih lokal, yakni Nilmaizar, Rahmad Darmawan, dan Indra Sjafri.

Pemilihan Riedl sendiri lantaran pria asal Austria ini bukanlah sosok baru bagi publik Tanah Air. Pria yang sudah berusia 66 tahun itu sebelumnya pernah menangani Timnas Indonesia pada Piala AFF 2010 lalu. Saat itu, Riedl berhasil membawa Merah Putih hingga ke babak final, tapi gagal menjadi juara usai kalah dari Malaysia.

Selain itu, Riedl juga pernah kembali saat dualisme melanda PSSI, 2012 lalu. Komite Penyelamatan Sepak Bola Indonesia (KPSI) menunjuk dirinya untuk menangani tim nasional bentukannya. Meskipun sempat mengikuti pemusatan latihan, tim ini tidak pernah tampil mewakili Indonesia.

Setelah kisruh mereda, PSSI kembali menunjuk Riedl untuk menangani timnas Indonesia di Piala AFF 2014 lalu. Namun sentuhan mantan pemain timnas Austria itu tidak semantap empat tahun sebelumnya. Sebab pada turnamen ini, Timnas Indonesia sama sekali gagal melewati babak penyisihan grup. Akan tetapi ia gagal untuk memberikan prestasi bagi Indonesia.

Keputusan mantan pelatih timnas Vietnam ini memang sempat jadi pro dan kontra, ada yang setuju maupun tidak setuju. Salah satu yang heran dengan penunjukkan Riedl adalah Menpora Imam Nahrawi. Apalagi nama Riedl tak muncul sebagai calon.

Namun keputusan sudah keputusan, berikut lima alasan Riedl jadi sosok tepat jadi pelatih timnas

1. Meskipun Pelatih Asing, Riedl Sudah Mengetahui Situasi Sepakbola Indonesia

Riedl bukanlah orang baru di timnas Indonesia, ia pun sempat membesut timnas Indonesia saat keadaan PSSI stabil hingga tidak stabil.

Pada kesempatan pertama, saat Indonesia dalam kondisi stabil. Skuat Garuda mampu dibawanya hingga ke final Piala AFF 2010. Saat itu ia hanya diberikan waktu sebulan untuk melakukan persiapan.

Hal sama juga dialaminya saat ini, persiapan mepet pasca pelepasan sanksi membuat PSSI kembali memilih Riedl menjadi pelatih. Riedl sudah memiliki pengalaman membesut Indonesia saat keadaan yang mepet. Jadinya Riedl memang spesialis pelatih yang siap melatih timnas dalam kondisi yang tidak ideal

2. Disiplin dan Tak Kenal Kompromi

Para pemain Indonesia yang pernah dilatih Alfred Riedl sangat suka karakater sang pelatih. Terlebih ia salah satu pelatih yang dikenal disiplin di kalangan pemain.

Pemain senior sepak bola Indonesia, Bambang Pamungkas, menilai bahwa Alfred Riedl merupakan sosok yang pas dan dibutuhkan tim nasional Indonesia. Menurutnya Riedl adalah pelatih yang sangat kuat dan disiplin sangat tinggi dalam membangun sebuah tim. Dua hal ini yang saat ini yang diperlukan untuk timnas Indonesia saat ini.

Sifat displin Riedl dan tak kenal kompromi pernah ditunjukkan di AFF 2010. Saat it Riedl membuat satu keputusan penting yakni mencoret nama Boaz Salossa, yang indisipliner dalam latihan. Riedl tidak ingin di dalam tim terdapat kecemburuan terhadap pemain lain yang bertindak tidak disiplin. Ini poin bagus untuk perkembangan timnas di Piala AFF 2016.

3. Sangat Berpengalaman di Sepakbola ASEAN

Alfred Riedl sebelum melatih Indonesia telah lama berkecimpung melatih tim-tim di ASEAN seperti Vietnam dan Laos. Prestasinya pun cemerlang dengan membawa Vietnam ke perempatfinal piala Asia 2007 dan Laos ke semifinal SEA GAMES 2009. Keduanya merupakan pencapaian pertama kalinya bagi negara tersebut. Pengetahuannya tentang sepakbola ASEAN pastinya sudah sangat baik dan ini sangat membantu dalam merancang taktik timnas melawan lawan-lawan di ASEAN.

4. Mampu Memunculkan Bintang Baru

Di tahun 2010, Riedl menyulap beberapa bintang baru sebut Okto Maniani, Yongki Ariwibowo, Ahmad Bustomi hingga Irfan Bachdim. Nama-nama tersebut diselipkan dengan beberapa bintang lawas Indonesia.

Pada AFF 2016 dirinya juga ingin menerapkan hal sama dengan di Piala AFF 2010, kali ini fokusnya dengan pemain muda. Ia juga berpengalaman dengan pemain muda karena menjadi direktur perkembangan teknik pemain muda di CS Vise.

Riedl bisa mengubah paradigma yang sebelumnya mengandalkan pemain senior dan memberikan kepercayaan kepada pemain muda berkualitas dan pantas mengenakan kostum timnas. Ia membiarkan pemain-pemain muda ini mencari pengalaman justru di level timnas.

Hal ini akan berdampak bagi masa depan sepakbola Indonesia karena jika ini dipertahankan, proses regenerasi pemain Indonesia di masa yang akan datang tidak akan menemui hambatan berarti.

5. Riedl Jadi Pelatih Transisi Saja

Riedl dikontrak selama tujuh bulan atau sampai berlangsungnya Piala AFF 2016 pada November-Desember. Di tangan Riedl, PSSI menargetkan untuk bisa menembus babak final Piala AFF.

Namun bukan itu tujuan utama PSSI saat ini, sepakbola Indonesia dalam masa transisi untuk membangun lagi pasca lepas dari sanksi FIFA. Kehadiran Riedl yang sudah mengetahui sepakbola Indonesia dapat membantu pelatih yang nantinya akan membesut Indonesia di masa depan.

Terlebih dirinya mengungkapkan keinginannya untuk mengandalkan lebih banyak pemain muda di timnas senior yang akan tampil di ajang AFF Cup 2016. Juru taktik asal Austria ini berharap, para talenta muda Indonesia bisa jadi pondasi di masa depan timnas Indonesia. Apalagi Indoensia akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018. (sepakbola.com)



Berita Bola Indo Terbaru | Dari Bolapro

Terima kasih anda telah menyimak berita bola Indonesia yang berjudul 5 Alasan Riedl Tepat Jadi Pelatih Timnas Indonesia semoga post di atas belum basi untuk dipublish dihalaman ini.

0 komentar:

Posting Komentar